Monday, April 4, 2016

Kebaikan Menggunakan Solar Panel (Listrik Tenaga Matahari) di Rumah

Saat pertama kali ditemukan listrik sampai sekarang, kebanyakan dari kita menggunakan Listrik dari pembangkit minyak bumi, tenaga nuklir, batu bara, dan gas. Hal ini kurang baik bagi lingkungan dan kelangsungan hidup, karena dampak negatif jangka pendek dan jangka panjang bagi kelangsungan hidup di bumi.

Image result for solar panel at home



Listrik tenaga surya, Listrik tenaga air dan Listrik tenaga angin adalah salah satu solusi yang dapat mengurangi dampak negatif, dari listrik yang bahan bakunya terbuat dari bahan-bahan yang kurang bersahabat dengan alam. Apa keuntungan menggunakan listrik tenaga surya dirumah? berikut penjelasan.


a. lebih murah untuk jangka waktu yang lama


Pada awal pemasangan panel surya begitu mahal, akan tetapi untuk masa-masa yang akan datang tidak akan membayar listrik bulanan dan hanya membutuhkan perawatan-perawatan, perbaikan yang harganya lebih murah dan terjangkau, jika dibandingkan dengan membayar listrik bulanan. Akan tetapi semua tergantung dari kebutuhan, yakni digunakan untuk apa pembangkit listrik tenaga surya yang dipasang dirumah.

b. lebih ramah lingkungan 

Efek dari penggunaan listrik tenaga surya hampir tidak ada karena tidak mengeluarkan polusi udara, air dan kebisingan. sehingga hal ini mengurangi dampak buruk dari penggunaan tenaga listrik dari minyak bumi, gas, nuklir dan batu bara.

c. Menghindari dampak pemadaman 

Jika suatu hari pembangkit listrik pemerintah terganggu dan ada pemadaman listrik maka dirumah kita tidak ikut imbas dari pemadaman listrik, karena listrik akan terus menyala seiring denga sinar matahari yang juga terus menyala

d. lebih percaya diri 

Karena rumah kita tidak ikut ketergantungan listrik dari pemerintah, dan bisa mengurangi beban pemerintah, seiring meningkatnya konsumsi listrik tiap tahun.

e. Turut mengurangi pemanasan global 

Karena sistem solar panel menghasilkan energi yang ramah lingkungan dan tidak menyebabkan dampak seperti bangunan kaca dan menimbulkan efek pemanasan global.

Mayoritas listrik yang digunakan di dunia berasal dari pembangkit listrik dengan bahan baku batubara, nuklir, gas dan minyak bumi, dari proses ini dikeluarkan banyak emisi karbon yang merupakan sumber terbesar penyebab terjadinya pemanasan global yang menyebabkan suhu bumi meningkat, es dikutub utara dan selatan cepat mencair. Dampaknya, air laut meningkat dan menenggelamkan daratan yang dekat dengan pantai saat ini.

Permintaan untuk listrik makin hari makin besar. semakin banyak alat di rumah kita yang tidak bisa berjalan tanpa listrik, lampu, telepon, komputer, TV, AC dan kulkas. dan juga penggunaan listrik yang boros. Akibatnya, pembangkit listrik pemerintah memberikan listrik sebesar permintaan sehingga emisi karbon dan pemanasan global akan meningkat terus, hal ini dapat mengancam kehidupan di dunia.

Matahari selalu bersinar setiap hari, angin selalu berhembus setiap hari, air selalu mengalir setiap hari. Mengapa tidak memaksimalkan penggunaan mereka? yang diberikan gratis oleh Tuhan.